Sunday, October 30, 2016

Fakta Unik Kucing Exotic Shorthair yang Perlu Kalian Ketahui

Fakta Unik Kucing Exotic Shorthair - Kucing exotic banyak disebut sebagai kembaran kucing persia yang sangat cocok untuk dipelihara orang sifat malas, karena rupa dan kepribadian kucing ini memang sangat mirip dengan kucing persia, namun punya bulu pendek yang tak terlalu butuh perawatan ekstra seperti kucing persia yang berbulu lebat panjang.
Dengan wajah yang unik dan hidung pesek seperti yang dimiliki kucing persia peaknose, kucing exotic shorthair disukai banyak pecinta kucing. Badannya yang bulat dengan perawakan kaki yang pendek semakin membuat kucing ini nampak lucu dan menggemaskan.

Fakta Unik Kucing Exotic Shorthair
Kucing Exotic Shorthair
Sumber gambar : paradisaeksakta.wordpress.com

Tapi tahukah kalian ada beberapa fakta unik mengenai kucing exotic shorthair ini? inilah beberapa fakta menarik tentang kucing exotic shorthair yang perlu anda tahu.


Fakta Unik Kucing Exotic Shorthair

1. Kucing Exotic Shorthair merupakan hasil persilangan dari jenis American Shorthair dan Persia.
Kucing jenis ini mulai dikembangkan pada dekade tahun 1950-an oleh breeder kucing american shorthair dengan menyilangkan gen-nya dengan gen milik kucing persia. Setelah melalui berbagai percobaan hingga akhirnya berhasil, terlahirlah kucing jenis baru, yang diberi nama exotic shorthair. Kucing ini mulai didaftarkan dan tercatat sebagai jenis kucing baru dalam data organisasi kucing Amerika pada tahun 1966. Sejak saat itu, kucing exotic shorthair mulai dikembangbiakkan oleh para peternak untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan.

2. Seperti namanya, kucing ini punya wajah eksotis yang sangat unik dan lucu.
Salah satu keistimewaan kucing exotic shorthair adalah bentuk wajahnya yang sangat unik dengan hidung yang pesek kedalam mirip seperti leluhurnya, yakni kucing persia peaknose. Karena keunikan dan keeksotisan bentuk wajahnya itulah akhirnya kucing ini diberi naman exotic shorthair.  Rupa yang unik, tubuh bulat gempal, dan tingkah yang lucu membuat banyak orang rela mengeluarkan banyak uang demi bisa memelihara si kucing eksotis berbulu pendek ini.

3. Kucing Exotic Shorhair termasuk kucing berukuran sedang atau medium.
Dengan rata-rata kucing exotic shorthair dewasa sekitar 5-6 kg, kucing ini termasuk salah satu jenis kucing berukuran medium. Dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu kecil, namun juga tidak terlalu besar seperti kucing maine coon, exotic shorthair sangat cocok untuk dipelihara oleh siapapun, termasuk mereka yang memiliki anak yang masih kecil. Dengan ukuran tubuh medium, kucing ini akan sangat mudah untuk anda angkat dan peluk jika sedang gemas, hehe.

4. Kucing jenis ini tak terlalu rewel dan manja namun sangat benci jika sering ditinggal sendiri.
Tak seperti nenek moyangnya, yakni persia peaknose, kucing exotic shorthair termasuk tipe kucing yang tidak rewel dalam memilih makanan, tidak juga butuh perawatan khusus, asupan vitamin tambahan, dan lain-lain. Kucing lucu ini hanya perlu perhatian anda, karena ia paling benci jika harus ditinggal sendiri bersama sepi, hehe. Jika kebetulan anda harus sering bepergian keluar rumah, dan tak ada orang lain lagi yang tinggal di rumah anda, paling tidak anda perlu peliharaan lain sebagai teman kucing ini, agar ia tak terlalu kesepian dan kemudian stress.

5. Bulunya yang pendek tak terlalu membutuhkan perawatan ekstra.
Jika anda termasuk tipe orang yang agak malas merawat hewan peliharaan, dan tak mau ribet, kucing exotic shorthair sangat cocok untuk dijadikan peliharaan anda. Dengan bulu yang pendek dan halus, kucing ini tentunya tak bakal butuh perawatan ekstra demi menjaga kesehatan bulunya. Anda tak perlu sering-sering menyisir dan merapikan bulu seperti yang harus dilakukan jika anda memelihara dan merawat kucing persia.

6. Kucing Exotic Shorthair sangat cocok dipelihara oleh keluarga dengan banyak anggota.
Seperti yang sudah dibahas di atas, kucing jenis ini sangat tak suka kesepian, maka dari itu kucing ini akan sangat cocok untuk dipelihara oleh keluarga yang memiliki banyak anggota, agar suasana rumah selalu ramai setiap harinya. Kucing ini juga sangat bersahabat dan mudah akrab dengan hewan peliharaan lain, anak-anak, atau bahkan orang tak dikenal sekalipun.


Itulah fakta unik kucing exotic shorthair yang perlu kalian ketahui sebelum memelihara kucing ini, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi jika kalian ingin memelihara kucing exotic ini.





Referensi : Kucingmales

Artikel Terkait

Fakta Unik Kucing Exotic Shorthair yang Perlu Kalian Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email