Saturday, November 5, 2016

Tips Membersihkan Kotoran Telinga Kucing Dengan Praktis

Tips Membersihkan Telinga Kucing - Dalam merawat kucing kita selalu dituntut untuk membersihkan kucing, Nah, dalam membersihkan kucing tentu saja tidak hanya bulu kucing, telinga kucing pun juga harus dibersihkan, telinga kucing memang tidak pernah terlihat kotor atau kalian tidak tau bahwa telinga kucing bisa juga kotor. Telinga kucing yang jarang dibersihkan akan sangat kotor dan bahkan bisa menimbulkan infeksi pada kucing.

Tips Membersihkan Kotoran Telinga Kucing
Kucing Exotic Shorthair
Sumber gambar : cuctest-cat.blogspot.com

Kebanyakan kucing memang bisa merawat tubuh mereka sendiri dengan membersihkan bulu dan telinga mereka tetapi kadang peran kita untuk membersihkan telinga kucing juga dibutuhkan untuk membantu telinga kucing lebih bersih. Pada umumnya kita sebagai orang yang memelihara kucing sangat jarang memeriksa kebersihan telinga kucing kita, kotoran yang ada pada telinga kucing bisa menimbulkan masalah atau bahkan penyakit. Sebelum membahas cara membersihkan telinga kucing mungkin kita harus mengetahui apa saja masalah yang bisa ditimbulkan oleh kotoran pada telinga kucing.

Masalah Kotoran Telinga Kucing
  • Bau pada telinga kucing
  • Infeksi pada telinga kucing
  • Pembengkakan pada telinga kucing
  • Gatal pada telinga kucing
  • Alergi pada telinga kucing
  • Jamur pada telinga kucing
  • serta Penyakit lain pada telinga kucing

Setelah mengetahui hal yang bisa disebabkan oleh kotoran pada telinga kucing tentunya kita sebagai orang yang memelihara kucing harus rajin untuk memeriksa kebersihan telinga kucing kita. Jika kita tahu telinga kucing kita kotor maka tentunya kita juga harus membersihkannya, walaupun dalam beberapa kucing ada yang bisa membersihkan telinga mereka sendiri tapi tentu saja belum maksimal atau belum bersih sepenuhnya. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga kucing yang kotor? Berikut adalah beberapa cara membersihkan telinga kucing yang bisa kalian praktekkan dirumah atau pada kucing kalian.

Cara Membersihkan Telinga Kucing
  • Membersihkan Telinga Kucing Dengan Cotton Bud
Membersihkan kotoran telinga kucing dengan cotton bud salah satu cara yang paling efektif karena dapat menjangkau ke dalam telinga kucing. Dalam membersihkan telinga kucing dengan cotton bud kalian harus membuat kucing senyaman mungkin supaya kucing tidak berontak, pegang telinga kucing dengan perlahan dan jangan ragu , ketika kucing tidak berontak maka segera bersihkan telinga kucing dengan cotton bud. Periksa dengan seksama bagian mana yang perlu kalian bersihkan lakukan dengan cepat sehingga kucing tidak merasa terganggu dan berontak.

  • Membersihkan Telinga Kucing Dengan Tisu Basah
Selain menggunakan cotton bud kalian juga bisa menggunakan tisu basah, sebenarnya caranya hampir sama dengan cara membersihkan telinga kucing dengan cotton bud. Tisu basah sangat efektif dalam membersihkan kotoran karena tisu basah juga sering digunakan untuk bayi. Dengan Cotton bud yang kecil mungkin kalian hanya bisa menjangkau area dalam telinga kucing kalian, tapi dengan tisu basah yang lebar kalian bisa membersihkan telinga kucing yang kotor dengan lebih bersih. Yang terpenting adalah jangan membuat kucing kalian takut lakukan dengan halus dan cepat.

  • Membersihkan Telinga Kucing Dengan Obat Telinga Kucing
Selain menggunakan cotton bud dan tisu basah membersihkan telinga kucing juga bisa dengan obat khusus telinga kucing, kebanyakan obat untuk membersihkan telinga kucing adalah obat tetes yang langsung diteteskan ke dalam telinga kucing. Untuk yang satu ini lumayan cukup mudah karena kita hanya menetaskan saja , tetapi jangan lupa untuk membersihkan bagian luarnya sobat kucing sekalian. Setelah memberikan obat pembersih telinga kucing biarkan kucing untuk bergerak dan menggelengkan kepalanya supaya kotoran yang ada didalam telinga kucing bisa keluar , setelah kalian melihat kotoran keluar maka segera bersihkan kotoran tersebut sehingga telinga kucing terbebas dari kotoran.


Itulah adalah beberapa cara untuk membersihkan telinga kucing yang bisa kalian coba dirumah,perlu diingat bahwa telinga kucing merupakan bagian yang sensitif dan bisa membuat kucing tidak tenang atau bahkan bisa takut jadi berhati-hatilah dalam membersihkannya.


Catatan Dalam Membersihkan Telinga Kucing
  • Pastikan alat yang kalian gunakan untuk membersihkan telinga kucing benar-benar bersih sehingga tidak menimbulkan alergi atau bakteri ang masuk pada telinga kucing
  • Jangan sampai membuat luka pada telinga kucing, lakukan dengan halus dan perlahan
  • Segera bawa kucing kalian ke dokter jika melihat keanehan pada telinga kucing kalian yang tidak bisa kalian atasi sendiri

Itulah tips untuk membersihkan telinga kucing dengan praktis, semoga bisa bermanfaat untuk pecinta kucing semua.



Referensi : Kunucats

Artikel Terkait

Tips Membersihkan Kotoran Telinga Kucing Dengan Praktis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email