Thursday, January 19, 2017

Tips Perawatan Pada Kucing Exotic yang Sakit Mata

Sakit Mata Kucing - Sakit mata pada kucing merupakan hal yang biasa atau umum jika kita tidak rajin dalam membersihkan kucing. Kucing merupakan hewan yang aktif dalam beraktivitas atau bermain tetapi terkadang kucing malas dalam membersihkan mata mereka apalagi jenis kucing seperti kucing persia dan kucing exotic. Meskipun kucing dikatakan hewan yang bisa merawat diri mereka sendiri, paling sering dilihat adalah kucing melakukan perawatan pada bulu mereka tetapi untuk mata mungkin masih ada beberapa kucing yang tidak bisa atau bahkan tidak membersihkan mata mereka sendiri.
Baca juga : Fakta Unik Kucing Exotic yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
Kalian pasti sering menjumpai kucing exotic yang ada kotoran di sekitar matanya, kotoran pada mata kucing inilah yang biasa membuat kucing sakit mata. Kalau diperhatikan jenis kucing yang sering ada kotoran dimatanya adalah kucing persia. Kotoran pada mata kucing yang tidak dibersihkan akan membuat kotoran tersebut mengeras dan akhirnya menjadi kerak yang bisa membuat mata kucing jadi sakit.

Tips Perawatan Pada Kucing Exotic yang Sakit Mata
Kucing Exotic Sakit Mata
Sumber gambar : petmd.com

Kerak pada mata kucing itu akan membawa kuman karena kotor, dan bisa membuat mata kucing berair atau belekan. Jika kalian yang tidak begitu mengerti sakit mata kucing mungkin akan mebawa kuicng kalian ke dokter, tetapi sebenarnya sakit pada mata kucing ini bisa diatasi dengan cara yang mudah tanpa harus dibawa ke dokter, maka dari itu pada kesematan ini akan saya berikan beberapa tips untuk melakukan perawatan pada kucing sakit mata.

Cara Merawat Kucing Exotic Sakit Mata
  • Bersihkan Mata Kucing
Perawatan pertama pada kucing yang sakit mata adalah dengan membersihkan mata kucing tersebut, kalian bisa membersihkan mata kucing dengan kain atau tisu. Gunakan air hangat dan pastikan kain atau tisu yang kalian gunakan bersih dan bebas dari kuman. Celupkan kain atau tisu ke dalam air hangat lalu oleskan pada mata kucing, lakukan sampai mata kucing benar benar bersih. Dengan membersihkan mata kucing dan menjaganya tetap bersih maka kucing yangsakit matanya tidak akan bertambah parah dan pasti akan segera sembuh.

  • Menaruh Kucing Dikandang yang Bersih
Cara kedua dalam melakukan perawatan pada kucing  sakit mata adalah dengan menaruh kucing tersebut di kandang yang bersih supaya tidak akan ada kuman yang kotoran yang bisa membuat mata kucing kalian lebih parah. Jangan lupa untuk memisahkan kucing yang sakit mata dengan kucing kalian yang lain jika kucing kalian ada banyak atau lebih dari satu, penyakit mata kucing bisa menular pada kucing yang lain jadi pisahkan mereka.

  • Memberikan Obat Sakit Mata Kucing
Jika mata kucing kalian sudah terlihat sakit atau agak parah tentunya kalian perlu memberikan obat pada kucing kalian yang sakit mata. Obat mata kucing bisa kalian dapatkan di petshop, atau kalian juga bisa memberikan salep teramicyn khusus untuk mata, salep ini bisa kalian dapatkan di apotik dengan harga murah. Sebelum memberikan salep pastikan mata kucing kalian sudah dibersihkan, setelah dipastikan sudah bersih maka kalian bisa memberikan salep tersebut. Ulangi pemberian salep sampai beberapa hari maka sakit mata kucing kalian akan segera sembuh.

Itulah beberapa tips perawatan kucing exotic sakit mata, jika kalian sudah melakukan langkah diatas dan mata kucing kalian tetap saja sakit maka sebaiknya kalian membawa kucing kalian ke dokter karena mungkin ada penyebab lain yang membuat mata kucing sakit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pecinta kucing semuanya.

Referensi : Kunucats

Artikel Terkait

Tips Perawatan Pada Kucing Exotic yang Sakit Mata
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email